Berbagi pengalaman

Pengertian Puisi menurut Para Ahli


Pengertian puisi menurut para ahli yang pada umumnya dikemukakan para penyair romantik Inggris. Di antaranya ialah:

Samuel Taylor Coleridge mengemukakan pengertian puisi itu adalah kata kata terindah dalam susunan yang indah.
  1. Carlyle mengungkapkan, pengertian puisi merupakan pemikiran yang bersipat musikal. Penyair dalam puisinya memikirkan bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata yang disusun begitu rupa hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik, yaitu dengan mempergunakan orkestra musik.
  2. Loord Sworth mempunyai gagasan bahwa pengertian puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan dan diangankan.
  3. Auden mengemukakan bahwa pengertian puisi itu lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-campur.
  4. Dunton mengemukakan bahwa pengertian puisi itu merupakan pemikiran manusia secara kongkrit dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama.
  5. Shelly mengemukakan bahwa pengertian puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup kita.
  6. Pradopo mengemukakan bahwa pengertian puisi itu mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imaji panca indera dalam suasana yang berirama. Semua itu merupakan sesuatu yang penting, yang direkam dan diekspresikan, dinyatakan dengan menarik dan memberi kesan. Puisi merupakan rekaman dan interprestasi pengalaman menuju yang penting, diubah dalam wujud yang paling berkesan.
Beberapa pengertian puisi di atas sebagai gambaran tentang puisi dan definisinya. semoga dapat menambah referensi untuk pengertian puisi menurut para ahli.

Pengertian Puisi menurut Para Ahli Rating: 4.5 Oleh: Site Administrator