Hakikat Puisi #2


Hakikat Puisi. Rachmat Djoko Pradopo menyatakan bahwa hakikat puisi bukan terletak pada bentuk formulanya meskipun bentuk formula itu penting. Hakikat puisi adalah apa yang menyebabkan puisi itu disebut puisi. Puisi baru (modern) tidak terikat pada bentuk format, tetapi disebut puisi juga. Hal ini disebabkan di dalam puisi modern terkandung hakikat puisi ini, yang tidak berupa sajak (parsamaan bunyi), jumlah baris, ataupun jumlah kata pada tiap barisnya.
Hakikat Puisi
HAKIKAT PUISI

Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan untuk mengerti puisi itu, diantaranya:
a. Fungsi estetik
Puisi adalah karya seni sastra. Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra. Rane Wellek dan Warren mengemukakan bahwa paling baik kita memandang kesusastraan sebagai karya yang di dalamnya fungsi estetikanya dominan, yaitu fungsi seninya yang berkuasa. Tanpa fungsi seni itu karya kebahasaan tidak dapat disebut karya (seni) sastra.

b. Kepadatan
Membuat puisi merupakan aktivitas pemadatan. Dalam puisi tidak sama peristiwa itu diceritakan. Yang dikemukakan dalm puisi hanyalah inti masalah, peristiwa, atau inti cerita. Yang dikemukakam dalam puisi adalahesensi sesuatu. Jadi puisi itu merupakan aekspresi esensi. Karena puisi mampat dam padat, maka penyair memilih kata sengan akurat. Untuk pemadatan ini, kadang-kadang kata-kata yang hanya di ambil inti dasarnya. Imbuhan, awalan, dan akhiran sering dihilangkan.

c. Ekspresi yang tidak langsung
Puisi itu sepanjang zaman selalu berubah. Dikemukakan oleh Riffateree bahwa sepanjang waktu, dari waktu ke waktu, puisi itu selalu berubah. Perubahan ini disebabkan oleh evolusi selera dan perubahan konsep estetik. Akan tetapi, satu hal yang tidak berubah yaitu mengucapkan sesuatu secara tidak langsung. Ucapan tidak langsung itu jalan menyatakan suatu hal dengan arti yang lain. Ketidaklangsunagn ekspresi ini disebabkan oleh tiga hal, yaitu 1) penggantian arti (displacing of meaning), 2) penyimpangan atau pemencongan arti (distorting of meaning), dan 3) Penciptaan arti (crating of meaning).

Pelajari Hakikat Puisi lebih lanjut.