Berbagi pengalaman

Pengertian Sastra


Pengertian Sastra. Sebagai kreasi seni, sastra mempunyai nilai estetika dan mengutamakan imajinatif. Bahasa yang terdapat dalam sastra pun bukan bahasa yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari-hari karena melalui sastra pengarang ingin mengungkapkan sebab, makna yang bernilai didaktis, baik yang diungkapkan secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga hasil karya sastra tersebut dapat menrik minat penbaca dan bisa dijadikan cermin hidup bagi pembaca.
Sepanjang keterangan yang umum kita peroleh, kata sastra berasal dari akar kata sas- dan tra-. Sas- berarti aturan, nasihat, atau agama, dan tra- artinya alat, sarana. Jadi sastra berarti alat untuk menyampaikan aturan, ajaran, nasihat atau agama.
Secara harfiah kata sastra bararti huruf atau tulisan atau karangan. Oleh karena alat yang digunakan untuk menciptakan karya sastra adalah bahasa, maka seni sastra di sebut juga seni bahasa. Dalam arti kesusastraan lama, istilah sastra berarti buku baik yang berisi tentang sejarah, dongeng maupun peraturan undang- undang.
Dalam perkembangan selanjutnya sastra mendapat imbuhan su- yang dalam bahasa Jawa berarti baik atau indah, dengan demikian pengertiannya berkembang jugamenjadi buku yang baik dan indah, dalam arti baik isinya dan indah bahasanya. Kata susastra itupun berkembang menjadi kesusastraan yang berarti karangan-karangan yang baik isinya dan indah bahasanya.

Pengertian-pengertian sastra yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Menurut Sugiantomas (2001: 8), dalam Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra Indonesia Istilah sastra atau literature dipandang sebagai seni, hasil kegiatan kretif manusia yang dituangkan ke dalam media bahasa, baik lisan maupun tulisan.
2. Menurut Ratna (2007 : 458), dalam bukunya Estetika Sstra dan Budaya mengemukakan sastra mula- mula berarti alat untuk mengajar, kemudian berarti kumpulan tulisan yang indah, baik lisan maupun tulisan, dengan hakikat kretifitas dan imajinatif.
3. Menurut Zaidan, dkk, (2000:181) dalam Kamus Istilah Sastra mengungkapkan sastra adalah tulisan dalam arti yang luas. Umumnya sastra berupa teks rekaan, baik puisi maupun prosa yang nilainya tergantung pada kedalaman pikiran dan ekspresi jiwa.
4. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007: 766), Sastra adalah bahasa, kata-kata, gaya bahsa yang dipakai dalam kitab- kitab, bukan bahasa sehari- hari.

Dari berbagai pandangan mengenai makna sastra di atas, dapat disimpulkan bahwa sastra adalah hasil karya pemikiran, perasaan dan kegiatan manusia secara kreatif yang dituangkan dalam bentuk lisan maupun tulisan dengan menggunakan media bahasa yang indah. Pengungkapan tersebut merupakan hasil perenungan sungguh- sungguh sehingga mempunyai nilai baik untuk di nukmati oleh pembaca.

Pengertian Sastra Rating: 4.5 Oleh: Site Administrator