Berbagi pengalaman

Langkah-langkah Pembelajaran Musikalisasi Puisi


Langkah–langkah yang dapat dilakukan dengan menjadikan musikalisasi puisi sebagai media pembelajaran apresiasi puisi adalah sebagai berikut:

Tahap persiapan. Pada tahap ini guru memilih jenis puisi yang akan dijadikan materi apresiasi. Guru mencari jenis tersebut dari media musikalisasi puisi (kaset, CD, VCD dan sebagainya),yang tersedia. Tentunya, alat berupa tape, CD/VCD player pun dipersiapkan.

Tahap pendahuluan. Pada tahap ini guru melakukan apresiasi dan memberi teks puisi yang akan diapresiasi.


Tahap pelaksanaan. Tahap ini pada langkah-langkah pembelajaran musikalisasi puisi terdiri atas beberapa langkah: 
  1. Guru menyajikan musikalisasi puisi dari media yang telah dipersiapkan. Siswa menyimak musikalisasi puisi tersebut sambil memperhatikan pula tiap kata dalam teks puisi. Penyajian diulang hingga dua kali.
  2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kesan–kesan siswa setelah mnyimak musikalisasi puisi tadi, perasaan siswa, imajinasi siswa, dan keterlibatan jiwa siswa terhadap puisi itu.
  3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang pokok pembicaraan yang disampaikanpenyair dalam puisi itu, perasaan penyair, dan maksud/itikad penyair dengan puisi itu.
  4. Jawaban siswa pada langkah 3 di atas tentulah bermacam–macam. Karenanya, untuk menegaskan, guru mengajak siswa mengkaji puisi itu dengan memperhatikan unsur–unsur puisi, seperti diksi, majas, pencitraan, bunyi, tipografi, daln lain–lain, hingga diperolehpenafsiran tentang makna puisi itu.
  5. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kaitan (relevansi) puisi tersebut dengan pengalaman dan kehidupan siswa, dan kebermaknaan puisi itu bagi siswa (misalnya dengan bertanya tentang apakah siswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dari puisi itu, dan sebagainya).

Tahap pengukuhan. Tahap ini dilakukan untuk memperkuat daya apresiasi siswa terhadap puisi itu, Pengukuhan dapat dilakukan secara tertulis/lisan. Secara tertulis siswa dapat diminta untuk membuat parafase puisi tersebut. Secara lisan, siswa dapat diminta untuk membacakan puisi itu di depan kelas.

Demikian pembahasan tentang Langkah-langkah Pembelajaran Musikalisasi Puisi, semoga dapat bermanfaat.

Langkah-langkah Pembelajaran Musikalisasi Puisi Rating: 4.5 Oleh: roi.kapaysyi