Berbagi pengalaman

Mengenal Musikalisasi Puisi


Sebelum lebih jauh kita membahas tentang Pengertian Musikalisasi Puisi, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal musikalisasi puisi, paling tidak pembahasan ini memiliki persepsi yang sama tentang musikalisasi puisi. Baik, langsung pada mengenal musikalisasi puisi menurut Ari KPIN, dalam Buku Musikalisasi Puisi - tuntunan dan pembelajaran,menyatakan bahwa musikalisasi puisi diciptakan setelah bahan pokoknya lahir, yaitu puisi.

Jadi walaupun seorang penyair hebat menorehkan rangkaian kata, tapi hasilnya belum dikenal luas sebagai puisi, atau ia sengaja melakukan itu untuk memenuhi kebutuhan akan lirik dari suatu komposisi musik, maka yang demikian tidak termasuk musikalisasi puisi, hanya berupa lagu dengan dengan lirik yang puitik saja.


Dewasa ini, keberadaan musikalisasi puisi bisa dikatakan semarak pada setiap kegiatan sastra, apakah itu acara pembacaan puisi, televisi, peluncuran buku, pelatihan–pelatihan sastra, maupun sejenisnya. Seperti ada yang kurang jika tidak menghadirkan musikalisasi puisi. Bahkan, perlombaan–perlombaan di bidang ini kerap dilakukan. Kelompok–kelompok musikalisasi puisi bermunculan di berbagai kota dan daerah, kampus–kampus, termasuk di sekolah–sekolah. Banyak sekolah yang menjadikan bidang musikalisasi puisi sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler. Tidak sedikit pula sekolah yang memiliki kelompok/grup musikalisasi puisi. Meski demikian, tidak semua orang mengenal, memahami, serta mampu menghasilkan karya musikalisasi puisi.

Musikalisasi Puisi Sebagai Bentuk Penyampaian dan Pengekspresian Puisi
Di masyarakat, istilah deklamasi, pembacaan puisi, sajak, atau dramatisasi puisi bukanlah hal yang baru. Namun, untuk istilah musikalisasi puisi, tidak semua kalangan mengetahuinya.

Musikalisasi puisi, seperti halnya deklamasi atau pembacaan puisi, rampak puisi, rampak puisi, dan dramatisasi puisi adalah salah satu cara yang digunakan untuk menyampaikan dan mengekspresikan puisi kepada audiensi. Pada deklamasi puisi, penyampaiannya disesuaikan dengan syarat–syarat deklamasi. Seperti dengung vokal, artikulasi, ekspresi, dan gestikulasi yang baik serta tepat, sesuai dengan isi dan maksud puisi. Pada puisi yang disampaikan dengan cara musikalisasi, alat bantu utamanya ada pada musik (irama, nada, tempo dan sebagainya). Musik diolah sedemikian rupa sebagai hasil dari penafsiran puisi yang dilakukan oleh pembuat musikalisasi puisi.

Jenis penyampaian puisi dengan cara musikalisasi puisi ada banyak macamnya. Tetapi yang penting, musik yang dibuat adalah semata untuk kepentingan puisi. Sehingga musik tersebut dapat menyampaikan pemahaman dan penghayatan tentang puisi itu kepada apresiator, seperti halnya deklamasi dan pendramatisasian puisi. Oleh Karena itu, musikalisasi puisi di dalam bidang kesenian adalah salah satu bentuk kesenian tersendiri.


Demikian pengenalan seputar musikalisasi puisi, semoga bermanfaat.

Mengenal Musikalisasi Puisi Rating: 4.5 Oleh: roi.kapaysyi