Berbagi pengalaman

Pengertian Puisi


Pengertian Puisi, Pengertian, Puisi
Pengertian Puisi
Pengertian puisi di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam bentuk nomina atau kata benda, ialah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Pengertian puisi lainnya, masih dalam KBBI yaitu gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Tentu saja makna khusus disini di dapat dari proses kristalisasi kata melalui proses pemilihan kata hingga menghasilkan diksi yang tepat.


Menurut beberapa sumber lainnya, masih tentang pengertian puisi yaitu ungkapan perasaan atau pikiran penyairnya yang dirangkai menjadi suatu bentuk tulisan yang mengandung makna. Penyair tidak sembarangan dalam membuat karyanya tersebut. Puisi yang dibuat oleh para penyair biasanya terkesan indah. Namun mereka juga membuat puisi dengan gaya bahasa yang susah dimengerti. Namun, susah dimengerti di sini dimaksudkan pada bahasa padat yang digunakan yang kadangkala dihilangan sebagian kata untuk memperkuat makna dan menyamakan rima dalam puisi, hingga puisi terkesan lebih halus. Meskipun begitu, pada dasarnya puisi itu dapat dipahami karena memang mengandung arti yang tersimpan didalamnya, masalahnya adalah, kita paham akan maksud dari penyair itu atau tidak.  

Baiklah, kembali lagi pada pengertian puisi, puisi berasal dari bahasa Yunani kuno ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) yang berarti I create atau dengan kata lain pengertian puisi adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, rima dan irama adalah yang membedakan puisi dari prosa. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan terhadap pengertian puisi yaitu tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.

Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang,  misalnya puisi mbeling. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tentunya tidak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi.

Demikian bahasan singkat mengenai pengertian puisi, semoga bermanfaat.
Lihat Selengkapnya tentang materi bahasa indonesia dan contoh-contoh surat

Pengertian Puisi Rating: 4.5 Oleh: roi.kapaysyi