Berbagi pengalaman

Manfaat Musikalisasi Puisi


Manfaat Bagi Masyarakat
Mengomunikasikan puisi dengan jalan dimusikalisasi puisi-kan, mengandung banyak manfaat. Seperti pernah diungkapkan Nenden Lilis A. Manfaat itu antara lain:

Manfaat musikalisasi puisi yang kesatu. Memudahkan upaya sosialisasi puisi kepada masyarakat. Musik pada umumnya memiliki daya tarik dan juga menimbulkan kesenangan tertentu kepada pendengarnya. Puisi yang dikomunikasikan lewat atau dengan bantuan musik akan lebih cepat diapresiasi masyarakat. Masyarakat pun akan lebih cepat akrab dengan syair–syair dari puisi itu karena terbantu oleh nada–nada. Hal itu telah terbukti pada lagu–lagu Bimbo dan Iwan Fals yang merupakan pusi–puisi karya Taufiq Ismail dan Rendra.


Manfaat musikalisasi puisi yang keduaLebih merangsang minat masyarakat untuk memasuki dunia sastra. Boleh jadi pada awalnya masyarakat lebih tertarik pada irama dari musikalisasi tersebut. Akan tetapi, ketertarikan itu lambat laun akan membuka mata dan rasa masyarakat pada daya sentuh–daya sentuh dari puisi. Hal ini selanjutnya akan merangsang minat masyarakat pada puisi.

Manfaat musikalisasi puisi yang ketigaMemberi alternatif penafsiran kandungan suatu puisi. Sebelum seorang musisi musikalisasi sebuah puisi, ia tentunya telah berupaya memahami, merasakan, dan menghayati segala yang terkandung dalam puisi itu. Hasil dari penafsiran inilah yang kemudian dipresentasikan dalam karya musikalisasinya. Hingga akhirnya, dapat membantu apresian dalam upaya menafsirkan sebuah puisi dari musikalisasi yang didengar/disimak.

Manfaat musikalisasi puisi yang keempatMemperkuat daya sentuh puisi lewat representasi musik. Puisi memiliki irama, bunyi, nada, perasaan, dan pikiran. Semua kandungan itu berupaya dipresentasikan oleh si pemusikalisasi dalam karya musikalisasi puisinya. Lewat representasi itu, daya sentuh–daya sentuh puisi dapat lebih kuat dirasakan apresiannya.

Manfaat musikalisasi puisi yang kelimaMemperkuat aspek –aspek bunyi. Musikalisasi puisi dapat memperkuat aspek–aspek bunyi dalam puisi, seperti irama, euphony, anomatope, dan lain–lain. Musikalisasi puisi pun dapat memperkuat nada dan irama puisi. Dan masih banyak manfaat lainnya dari muskalisasi puisi, termasuk untuk pembelajaran sastra.

Manfaat Bagi Pembelajaran Apresiasi Puisi.
Manfaat musikalisasi puisi, selain dapat dijadikan sebagai salah satu materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada tingkat sekolah menengah, juga bisa digunakan para guru sebagai media pembelajaran apresiasi puisi. Sebagai materi, seperti tercantum dalam kurikulum Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Musikalisasi puisi ditampilkan siswa dengan mengacu pada kesesuaian musik dengan isi puisi. Sebagai media pembelajaran apresiasi puisi, musikalisasi puisi dijadikan sarana untuk memahami, menghayati, dan menikmati puisi yang akan diapresiasi. Guru bisa menggunakan kaset, CD, atau VCD musikalisasi puisi, bisa mengundang pemusikalisasi ke kelas, bisa oleh guru itu sendiri jika memiliki potensi itu.

Manfaat–manfaat musikalisasi puisi yang dapat diambil dari penerapan musikalisasi puisi sebagai materi dan media dan pembelajaran apresiasi puisi ini, seperti pernah diuraikan Nenden Lilis A. (Pikiran Rakyat, 1996) antara lain:
  1. Dapat merangsang minat siswa terhadap puisi sebab musik adalah salah satu cabang kesenian yang sudah akrab dengan kehidupan siswa dan pada umumnya disukai siswa.
  2. Memberi penyegaran pada siswa agar pembelajaran tidak monoton.
  3. Memberi kesempatan kepada siswa berhubungan langsung dengan karya sastra melalui cara yang akrab dengan pengalaman siswa.
  4. Merangsang aspek emotif siswa, dan lain–lain.

Demikian sekilas tentang manfaat musikalisasi puisiUntuk pembelajaran kelas lihat di Langkah-langkah Pembelajaran Musikalisasi Puisi.

Manfaat Musikalisasi Puisi Rating: 4.5 Oleh: roi.kapaysyi