Pengertian Psikologi dalam Lintasan Sejarah

Secara etimologis, istilah psikologis berasal dari bahasa yunani, yaitu dari kata psyche yang berarti ”jiwa”, dan logos yang berarti ”ilmu”. Jadi, secara harfiah, psikologi berarti ilmu jiwa, atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan.

Begitulah untuk rentang waktu yang relatif lama, terutama ketika masih merupakan bagian atau cabang dari filsafat, psikologi diartikan seperti pengertian tersebut. ”pada masa lampau,” demikian kata Paul Mussen dan Mark R. Rosenzwieng dalam buku mereka, psychology an Introduction, ”psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mind (pikiran), namun dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi behavior (tingkah laku), sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
Pengertian Psikologi dalam Lintas Sejarah
Pengertian Psikologi dalam Lintas Sejarah
Sementara ahli memang kurang sependapat bahwa psikologi sama dengan ilmu jiwa walaupun ditinjau dari arti kata kedua istilah itu sama. W.A Gerungan adalah salah satu diantara para ahli psikologi yang tidak sependapat.

Terima kasih telah membaca Pengertian Psikologi dalam Lintasan Sejarah. Versi lengkap akan diupdate dalam artikel selanjutnya.